Blog

Kakankemenag Muaro Jambi Sambangi Pementasan Drama MAN Insan Cendekia Jambi

Muaro Jambi /18-2-2020 – Peserta didik kelas XI MAN Insan Cendekia Jambi Tahun Ajaran 2019/2020 mengadakan pementasan drama, yang di angkat dari novel karya anak bangsa di Gedung Sport Hall MAN Insan Cendekia Jambi pada Hari Rabu dan Kamis, 18 dan 19 Februari 2020.

Drama merupakan salah satu materi dalam Kurikulum 2013 yang diajarkan pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas XI semester genap. Selain untuk menuntaskan materi tersebut pementasan drama dilaksanakan untuk memperoleh nilai praktik Bahasa Indonesia.

Adapun kisah yang di angkat dalam pementasan drama yakni, “Kisah Putri 7”, “Adu Rayu“, “Aku Ingin Bebas”, dan “Cindelaras” serta dari “The Rong”. Semua cerita di kemas sedemikian rupa untuk mendapatkan hasil yang baik serta menghibur penonton.

Sebagai guru mata pelajaran Bahasa Indonesia yang membimbing peserta didik di kelas XI menyadari peserta didik MAN Insan Cendekia mempunyai kemampuan yang tinggi sehingga kami menampung kreatifitas mereka melalui pementasan drama, harapan saya dengan pementasan drama ini siswa dapat berkreasi dengan mengeksplor kemampuan mereka sehingga mereka mempunyai kepercayaan diri yang tinggi, Ujar Yulleila, S.Pd

Sementara Maryana, M.Pd selaku guru pembimbing dan pengampu mata pelajaran Bahasa Indonesia, semoga dengan pementasan drama mampu meningkatkan kreativitas anak dalam bidang seni (drama),  membantu peserta didik menyalurkan bakat sehingga mampu mengekpresikan keahliannya masing-masing di bidang seni,  membentuk karakter dengan tampilan pementasan drama yang mengandung nilai-nilai moral yang mencerminkan pendidikan,  moral,  religi  dan sosial sehingga mereka dapat menerapkan hal-hal positif dari kisah dan lakon yang mereka perankan serta membuat  peserta didik termotivasi dalam mengapresiasi karya sastra yang banyak bermanfaat bagi pengajaran dalam kehidupan.  Semoga kedepan pementasan drama ini bisa menjadi lebih baik dalam upaya menciptakan generasi milenial yang melek terhadap teknologi,  imtaq dan seni.

Ia juga menambahkan pentas teater ini di persembahkan untuk seluruh Civitas MAN Insan Cendekia Jambi. Harapan kedepan nya kegiatan ini akan terus diadakan dan berkembang  serta dengan mengangkat cerita-cerita dari Jambi, ujarnya.

Buhri Y, S.Pd., M.E.I mengatakan kegiatan yang diadakan oleh peserta didik kelas XI MAN Insan Cendekia Jambi Tahun Ajaran 2019/2020 sangatlah luar biasa, dengan hasil pertunjukan yang mengandung pesan moril dengan tampilan kocak dan menghibur. Ia juga bangga terhadap peserta didik yang tak kenal lelah untuk berlatih, dengan padatnya waktu belajar, mereka masih semangat untuk berlatih untuk menampilkan pertunjukan yang spektakuler di hadapan penonton.

Sementara Kepala MAN Insan Cendekia Jambi (Zakiah, S.Ag., S.Pd., M.E.Sy) mengucapkan terimakasih kepada Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Muaro Jambi (H. Buhri Y, S.Pd., M.E.I) dan seluruh majelis guru dan civitas MAN Insan Cendekia Jambi serta pihak komite atas doa dan support yang luar biasa sehingga pementasan drama ini bisa dipersembahkan untuk MAN Insan Cendekia Jambi khususnya.

Kami mengucapkan terimakasih kepada Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jambi, Kementerian Agama Kabupaten Muaro Jambi, pihak komite MAN Insan Cendekia Jambi, terkhusus  kepada pembimbing dan pendamping, akui Zakiah.

Harapan kedepan kegiatan ini akan kita canangkan dalam perlombaan Seni antar Madrasah yang berada di Lingkup Kemenag Muaro Jambi, baik dari tingkat Madrasah Tsanawiyah sampai Madrasah Aliyah, dengan judul dan tema yang di tentukan, ungkapnya.(Humas ICJ)