MAN Insan Cendekia Jambi Tuan Rumah Rakor K3MIC se-Indonesia

Tergabung dalam Kelompok Kerja Kepala MAN Insan Cendekia (K3MIC) se-Indonesia, seluruh kepala madrasah, kepala urusan Tata Usaha dan wakil kepala madrasah bidang kurikulum, serta perwakilan guru dari 23 MAN Insan Cendekia se-Indonesia berkumpul di provinsi Jambi, tepatnya di MAN Insan Cendekia Jambi selaku tuan rumah guna membahas penyusunan draft Peraturan Menteri Agama (PMA) tentang tata kelola MAN Insan Cendekia se-Indonesia.

Rapat koordinasi kali ini merupakan rakor yang ke-3 setelah rakor perdana di MAN Insan Cendekia serpong tahun 2015, rakor yang ke-2 di MAN Insan Cendekia Gorontalo pada tahun 2016 yang lalu. Rakor K3MIC dibuka langsung oleh kabid Pendidikan Madrasah Kanwil Kementerian Agama provinsi Jambi bapak H. Muhammad, M. Pd, mewakili Bapak Kakanwil Kemenag Provinsi Jambi yang berhalangan hadir. dalam sambutannya, bapak H. Muhammad, M. Pd menyampaikan bahwa upaya mengembangkan MAN Insan Cendekia merupakan tugas dan tanggung jawab yang sangat berat yang diemban seluruh kepala MAN Insan Cendekia dan seluruh stake holder terkait.

Di tengah perkembangan pendidikan yang semakin kompetitif, keberadaan MAN Insan Cendekia se-Indonesia akan terus diuji eksistensinya. Namun demikian, alhamdulillah, hingga detik ini, khususnya di provinsi Jambi, MAN Insan Cendekia Jambi sebagai madrasah boarding masih menjadi pilihan utama masyarakat Jambi. Membangun dan mengembangkan madrasah berprestasi membutuhkan perjuangan yang tidak kenal lelah, kerja keras, kerja cerdas dan kerja ikhlas. Lebih lanjut beliau menceritakan sekilas sejarah perjuangan pendiirian MAN Insan Cendekia Jambi yang pada awalnya merupakan madrasah swasta yang menjadi pilot projek Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jambi yang saat itu mengimpikan berdirinya madrasah unggulan di Provinsi Jambi. Namun seiring waktu berjalan, berkat kerja keras semua pihak, pada akhirnya MAN Insan Cendekia Jambi mampu bersaing dan menjadi magnet school bagi madrasah-madrasah yang berada di lingkungan Kementerian Agama Provinsi Jambi.

Difasilitasi oleh penegelola Pendidikan Madrasah Universal (PMU) Kementerian Agama Republik Indonesia, rakor K3MICĀ  yang ke-3 dapat terlaksana sesuai jadwal yang disepakati. Dalam sambutannya, Sekjen PMU Dr. H. Suwardi, M. Pd mengatakan bahwa; rakor K3MIC akan terus digalakkan minimal 1 tahun sekali untuk mencari solusi, menyamakan persepsi dalam pengelolaan MAN Insan Cendekia di Nusantara tercinta ini.