PPDB 2017 MAN Insan Cendekia Jambi

Penerimaan Peserta Didik Baru Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia dilakukan melalui dua jalur yaitu Jalur Tes dan Jalur Prestasi.

1) Persyaratan Umum Untuk Jalur Tes dan Jalur Prestasi :
a. Peserta didik kelas IX MTs/SMP pada tahun pelajaran 2016/2017
b. Berusia maksimal 17 tahun pada 1 Juli 2017
c. Pada semester 1 kelas IX tahun pelajaran 2016/2017 merupakan peserta didik terbaik pada madrasah/sekolah berdasarkan pertimbangan dan rekomendasi kepala madrasah/sekolah asal (surat rekomendasi dibuat secara kolektif oleh kepala madrasah/sekolah asal peserta didik) dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Madrasah/Sekolah yang berada di Kota Pekalongan, Provinsi  JAMBI, GORONTALO, Jawa Tengah, Provinsi Aceh, Provinsi Sumatera Selatan, Provinsi Riau, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Provinsi Kalimantan Timur, Provinsi Sumatera Barat, Provinsi Bengkulu, Provinsi Kepulauan Riau, Provinsi Kalimantan Selatan, Provinsi Kalimantan Barat, Provinsi Sulawesi Tenggara, Provinsi Sulawesi Tengah, Provinsi Papua Barat, Provinsi Sumatera Utara, Provinsi NTB, Provinsi Maluku Utara dapat mendaftarkan siswanya maksimal 20 orang.
  2. Khusus pendaftar yang memiliki hafalan Al-Qur’an minimal 10 juz dan atau berprestasi dalam MTQ tingkat Propinsi atau Nasional, dapat diberikan rekomendasi/surat keterangan dari Kepala Madrasah/Sekolah asal peserta didik secara individu di luar ketentuan pada poin nomor 1 di atas.
  3. Jumlah Peserta Didik pada Madrasah/Sekolah sebagaimana tersebut pada nomor 1) yang dapat memilih MAN IC Serpong, MAN IC Gorontalo atau MAN IC Jambi sebagai pilihan pertama harus memenuhi ketentuan sebagai berikut :
  • Madrasah/Sekolah yang memiliki rombongan belajar 1 – 5 kelas maksimal 5 siswa,
  • Madrasah/Sekolah yang memiliki rombongan belajar > 5 kelas maksimal 20 siswa.
2) Persyaratan Khusus Untuk Jalur Prestasi :
Pendaftar yang mempunyai prestasi akademik dibidang sains pada tingkat nasional dan atau internasional diberikan kesempatan untuk menjadi peserta didik pada Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia melalui jalur prestasi tanpa melalui tes akademik dan tes potensi belajar apabila memenuhi kriteria sebagai berikut :
  1. Peraih medali emas pada Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Tingkat Nasional yang diselenggarakan Kementerian Agama atau Olimpiade Sains Nasional (OSN) Tingkat Nasional yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, dengan melampirkan bukti prestasinya.
  2. Peraih medali emas pada lomba olimpiade sains tingkat internasional dengan melampirkan bukti prestasinya.